Kamis, 09 Januari 2014

5 Penemuan Unik di Dasar Laut

1.  Penemuan unik pertama adalah sistem antikythera yang merupakan penemuan misterius yang pernah ditemukan didalam laut. antikythera adalah sejenis komputer purba yang digunakan untuk memprediksi gerhana.alat ini ditemukan sekitar tahun 1900-1901 dari reruntuhan kapal yunani yang bernama sama. para ahli memperkirakan antikythera disimpan dalam sebuahkotak berukuran sedang. ketika ditemukan, alat ini terdiri dari 30 gir perunggu sementara bagian lainnya diduga telah hilang. gir paling besar berukuran 140 mm dan memiliki233 gigi, saat ini antikythera disimpan pada musim athena di yunani.


2. Kedengarnya tak mungkin bahwa Kota kuno heracleion ditemukan berada jauh didasar lautan. namun sebuah kota bisa saja hilang dari permukaan bumi karena beberapa faktor dengan permukaan laut yang kian meningkat, sementara es dikutub yang selalu mencair membuat beberapa kota peradaban masa lampau telah hilang dari datarannya masing-masing. salah satunya adalah kota thonis atau yang biasa disebut dengan heracleion yang reruntuhannya ditemukan di yunani.


3. Lebih dari 61 ton perak batangan seharga 36 juta dollar ditemukan di samudera atlantik. penemuan ini sekaligus memecahkan rekor penemuan harta karun terbanyak yang ditemukan disatu tempat. perak batangan ini diduga milik SS Gairspolla asal inggris yang pernah karam ditempat itu pada tahun 1941 akibat serangan nazi. kapal ini tenggelam 300 mil dari belfast dan sekarang diduga seluruh bagian kapal telah tak berbentuk. pada musim panas 2012 kapal selam eksplorasi odyssey, menyatakan bahwa telah menemukan kembali sisa perak sebanyak 20 persen yang ditaksir hingga mencapai 240 ton.


4. cumi-cumi raksasa yang ditemuka seorang nelayan ini tiba-tiba saja muncul dipermukaan laut. dengan ukuran yang luar biasa yaitu 12 meter. sejak ditemukan pada 4 desember 2006 diperiran jepang, para peneliti kemudian mencoba merekam kehidupan cumi-cumi raksasa lainnya di wilayah yang sama. beberapa cumi-cumi yang dipantau tersebut memang berukuran jumbo kira-kira 7-8 meter.


5. Mesin apollo 11 ini adalah bagian yang membawa Neil amstrong, Buzz aldrin, dan Michael colins menuju bulan pertama kali pada juli 1969. mesin ini tertanam dikedalaman 14 ribu kaki dibawah samudera atlantik, sekitar 360 mil dari peluncurannya di Cave canaveral. kini mesin tersebut dipajang di kansas cosmophere and space center.

0 komentar:

Posting Komentar